Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Penulis Sukses dari Mbak Juliana Dewi

FIAN PANIC Tips Menjadi Penulis Sukses dari Mbak Juliana Dewi, Langsung simak pembahasannnya di bawah ini brot :J semoga bermanfaat :l


Tips Menjadi Penulis Sukses dari Mbak Juliana Dewi



*Tips Menjadi Penulis Sukses dari Mbak Juliana Dewi*



*PENGALAMAN MENJADI PENULIS BUKU*

Sebelum menulis buku aku sudah jadi penulis di blog alias blogger. Di blog aku mencantumkan alamat email supaya bisa terjalin komunikasi dengan pembaca blog.

Komunikasi dengan pembaca blog menurutku penting. Dari tanggapan mereka terhadap tulisanku, aku bisa tahu artikel mana saja yang menarik perhatian mereka.

Di blog aku menulis tentang travelling, touring dengan motor besar, kuliner, parenting, transforming behavior skill, dan kehidupan rumah tangga. Tulisan tentang parenting termasuk yang menarik minat pembaca blog. Karena alasan itu, 2 buku yang sudah terbit bertema parenting.

*PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA*

A. Untuk membangun branding penulis Selanjutnya, agar tulisanku dibaca lebih banyak orang, aku juga mempromosikan tulisan-tulisanku di blog lewat media sosial Facebook, group-group Whatsapps,Instagram, Line dan Google+. Lalu aku juga submit tulisanku ke portal berita, antara lain portal Dream dan Viva.

Hasilnya jelas, kunjungan ke blogku meningkat. Aku sudah punya “penggemar “ yang rajin berkunjung ke blog, dan membaca tulisanku. Para penggemar ini adalah calon customer yang kelak membeli bukuku. Aku juga rajin menulis status di media sosial, yang berhubungan dengan tema-tema tulisan di blogku. Misalnya tentang parenting, kehidupan rumah tangga, traveling dan lain-lain.

Aku membatasi diri tidak menulis hal-hal negative yang memicu emosi. Tidak menulis atau men-share tulisan yang tidak jelas asal-usulnya, tidak mencaci maki, tidak curhat, apalagi menulis keburukan orang lain.

b. Untuk memasarkan buku. Ketika menulis buku pertama bersama Mbak Okina Fitriani dan teman-teman, yaitu buku The Secret of Enlightening Parenting (terbit di Gramedia), aku bersama teman-teman mempromosikan buku itu di media sosial masing-masing.

Banyak yang tertarik dan beli ke toko buku offline, dan toko buku online. Banyak juga yang ingin membeli buku langsung dari kami, para penulis, dan transaksinya dilakukan secara online.

*STRATEGI KHUSUS*

https://konnect.adpxl.com/tracking/redirect/763/13?sub_id=default&redirect=https%3A%2F%2Fwww.muslimarket.com

Aku dan teman-teman penulis juga punya strategi sendiri. Kami borong buku kami dari toko-toko buku Gramedia, lalu kami bawa buku-buku itu ke berbagai pertemuan. Misalnya, aku suka ikut pengajian, arisan, reuni, diskusi dan lain-lain di berbagai komunitas.

Aku promosi buku lagi, dan mereka pun rata-rata sudah tahu lewat media sosial kalau aku menulis buku. Jadi ketika mereka melihat aku bawa bukunya, ya sudah, habislah dibeli teman-temanku. Strategi men-share tulisan lewat Whatsapps group juga ternyata sukses membuat bukuku laris terjual.

Karena dengan rajin men-share tulisan, teman-teman sudah mengenal gaya tulisanku. Orang seringkali tanya, “ Beli bukunya dimana, Mbak?” “Di Gramedia.” “Ya deh.. nanti kalau ke Gramedia aku beli.” Kenyataannya mereka kemudian lupa, tidak jadi beli bukunya.

Tapi kalau mereka bertemu aku dan melihat bukunya sudah ada di depan mata, ya langsung dibeli. Hehehe… memborong buku sendiri di toko buku itu cuma strategi memudahkan teman-teman dan pembaca blogku untuk membeli buku. Memborong buku itu juga tidak rugi, karena bukunya toh habis dibeli orang.

Dengan strategi ini, buku kami sold out dalam tempo 3 bulan, lalu Gramedia mencetak ulang buku dengan logo “National Best Seller.”

Buku cetakan kedua dengan logo national Best Seller ini pun kemudian sold out juga. Sayang sekali Gramedia tidak mau mencetak ulang lagi. Entah kenapa. Padahal banyak customer yang ingin membeli buku itu. Akhirnya kami mencabut hak penerbitan buku dari Gramedia dan sekarang sedang proses untuk diterbitkan lagi oleh penerbit yang berbeda.

*PENGARUH BAGI PEMBACA*

Apakah tulisan di buku itu punya pengaruh bagi pembaca? Jelas sekali. Buku The Secret of Enlightening Parenting bukan ditulis oleh penulis terkenal.

Para penulisnya adalah orangtua biasa, yang sudah mempraktekan pengasuhan anak dengan cara Enlightening Parenting.

Cara yang dilakukan mereka mudah ditiru, mudah diaplikasikan oleh orang tua manapun, sehingga mungkin itulah yang membuat buku ini laris manis.

Sejak buku itu terbit, permintaan untuk diadakan training parenting ala The Secret of Enlightening Parenting pun bermunculan. Aku dan beberapa teman team inti penulis akhirnya bergerak untuk memfasilitasi berbagai training yang diadakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Jogjakarta, bahkan sampai ke Bangkok. Peserta training datang dari berbagai penjuru. Bukan hanya dari Indonesia, ada juga yang datang dari Spanyol, Myanmar, Thailand, Timur Tengah, dan lain-lain. Tak disangka, tulisan bisa menggerakkan orang sedemikian rupa untuk belajar. Masya Allah…

*MEMBANGUN JARINGAN*

Kami juga membangun jaringan. Para alumni training The Secret of Enlightening Parenting dikumpulkan dalam group-group Whatsapps untuk memudahkan saling share ilmu dan pengalaman mempraktekkan ilmu ini dalam pengasuhan anak.

Mbak Okina Fitriani yang menjadi mentor, secara aktif men-share ilmunya dan menanggapi pertanyaan dari para alumni. Hal ini penting untuk me-maintain jaringan.

Selain itu kami juga membuat Fan Page di Facebook dan sudah memperoleh 11.000 followers. Fan Page gunanya untuk memudahkan masyarakat memperoleh info tentang kegiatan training, sharing parenting, dan informasi tentang buku dan lain-lain.

Ada mimpi besar yang bersama-sama ingin kami wujudkan, yaitu menyebarkan seluas-luasnya ilmu parenting ini agar semakin banyak orangtua yang tergerak untuk menerapkan pada anak-anak mereka.

Diterapkannya ilmu parenting ini bertujuan untuk membangun generasi gemilang yang terjaga fitrah baiknya. Suatu saat anak-anak dari generasi gemilang inilah yang akan maju untuk menjadi pemimpin negara ini. Sehingga Indonesia akan menjadi negara terdepan, karena akhlak terpuji dari para pemimpin dan rakyatnya. Kemudian aku bersama sahabatku, Gita Djambek, menulis buku kedua, “A Parent’s Diary-Anakku Tamu Istimewa” .

Buku ini pun ditulis bersama para kontributor, alumni training parenting yang sudah sukses mengaplikasikan ilmu mereka pada anak-anaknya. Kami menerbitkan buku ini secara mandiri, dengan mencetak 1000 buku. Peran jaringan sangat besar dalam pemasaran buku ini. Seribu buku kami itu segera habis terjual, bahkan sudah habis dipesan sebelum buku itu dikirim oleh pihak penerbit. Para alumni banyak yang membeli dalam jumlah besar, untuk kemudian dijual kepada teman-teman di komunitasnya, atau lewat sosial media mereka. Dalam 10 hari seluruh buku habis terjual. Dan sekarang kami sedang mendiskusikan rencana untuk mencetak ulang buku kedua ini.

*TIPS UNTUK PENULIS PEMULA*

1. Rajin-rajin memperkenalkan tulisan lewat media sosial supaya gaya tulisan dikenal orang.

2. Kenali tulisan bertema apa yang paling menarik minat pembaca. Karena buku dengan tema yang paling menarik kemungkinan akan banyak dibeli orang.

3. Gunakan sosial media untuk membangun branding diri penulis. Penting sekali membatasi diri hanya untuk menulis kebaikan, karena hal-hal negative bisa memberi gelar “buruk” bagi penulisnya.

4. Gunakan sosial media untuk promosi buku. Jangan hanya memasang foto buku saja, tapi lengkapi dengan pengalaman nyata, dan testimoni para pembaca buku.

5. Bangunlah jaringan. Hal ini sangat penting, karena membangun jaringan sama dengan membangun “pasar” bagi karya kita.

6. Menurut pengalamanku, niat awal menulis buku sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan buku tersebut. Dari awal menulis buku, aku dan teman-teman sudah mencanangkan untuk memberikan royalti, maupun keuntungan penjualan buku untuk membantu pendidikan anak dhuafa. Aku yakin, niat inilah yang didengar Tuhan, sehingga bukunya laris manis tanjung kimpul

Dikutip dari seri wawancara BauBlogging >> Lebih lengkap googling : Tips Menjadi Penulis

*Joined* https://chat.whatsapp.com/Am2i4TdfBli5WpGh3umpKD

https://facebook.com/groups/baublogging

Mukhofas Al-Fikri — Penulis Blog — BauBlogging

Keyword Terkait:
langkah awal menjadi penulis, kisah sukses penulis novel, cara menjadi penulis best seller, ingin jadi penulis, cara menjadi seorang penulis novel, menjadi seorang penulis blog, cara menjadi penulis online, cara menjadi penulis novel pemula,

Post a Comment for "Tips Menjadi Penulis Sukses dari Mbak Juliana Dewi"